SENAM NYERI HAID


Pengertian
            Suatu rangkaian gerakan secara dinamis yang dilakukan untuk mengurangi keluhan nyeri saat menstruasi pada wanita gerakan-gerakan yang dilakukan dapat dilakukan secara mandiri, kelompok atau dengan bantuan instruktur..
        Gangguan yang biasa dialami wanita tentang seputar haid diantaranya yaitu seperti haidterasa sakit,haid tidak teratur atau terlambat datang haid,darah haid terlalu banyak dan waktu haid terlalu lama.

A.    Haid  terasa sakit/nyeri (Dysmenorrhea)
Rasa nyeri saat haid merupakan keluhan ginekologi yang paling umum dan banyak dialami oleh wanita. Rasa nyeri saat haid tidak diketahui secara pasti kaitannya dengan penyebabnya, namun beberapa faktor dapat mempengaruhi yaitu ketidakseimbangan hormon dan faktor psikologis. Rasa nyeri tersebut dapat merupakan gangguan primer atau merupakan gangguan sekunder dari berbagai jenis penyakit.

B.     Haid Tidak Teratur dan Tidak lancar
Haid atau menstruasi merupakan keadaan seorang wanita untuk mengeluarkan darah dari rahimnya dalam waktu tertentu setiap bulannya.

C. Pendarahan haid Berlebihan (Menorrhagia)
Merupakan haid dengan pendarahan yang berlebihan/lebih banyak dari biasa atau dengan masa haid yang abnormal lamanya.

Nyeri atau rasa sakit saat menjelang dan selama haid biasa terjadi pada sebagian besar perempuan. Umumnya berupa kram perut.
Kontraksi otot rahim yang terlalu kuat ketika mengeluarkan darah memang menyebabkan nyeri. Oleh karena otot rahim terlalu kuat berkontraksi terjadi ketegangan otot yang kuat pula. Kontraksi inilah sebenarnya yang menimbulkan nyeri, rasa sakit, dan bahkan kram ketika haid. Nyeri atau rasa sakit yang menyertai haid disebut normal jika tidak sampai mengganggu aktivitas. Berbagai kegiatan masih dapat dilakukan dengan baik, seperti misalnya belajar, berolahraga, bekerja, berkonsentrasi, dan lain-lain. 


BACA JUGA  ARTIKEL BERIKUT INI


5 komentar:

  1. Nyeri haid dapat dikurangi dengan mengkonsumsi makanan yang baik dikonsumsi saat haid. Tidak ada salahnya juga mengkonsumsi obat pelancar haid bila perlu.

    http://www.jualobatpelancarhaidherbal.com/blogs/makanan-alami-sebagai-pengganti-obat-pelancar-haid/

    BalasHapus
  2. salam kenal
    Infonya sangat membantu sekali untuk mnyelesaikan tugas..
    oya untuk senam ini apakah membutuhkan baju senam khusus seperti baju senam aerobik ?...
    Trims dan moga sukses

    BalasHapus
  3. wah ada senamnya ya, sangat menarik... baru tahu saya

    http://obatasliindonesia.com/obat-herbal-nyeri-haid-terbaik/

    BalasHapus
  4. Mau tanya nih.. Kira2 waktu yang cocok untuk melakukan senam nyeri haid ini kapan ya ? Lalu alasannya kenapa harus dilakukan pada saat itu ? Tolong bantu jawab. Terima kasih

    BalasHapus
  5. Mau tanya nih.. Kira2 waktu yang cocok untuk melakukan senam nyeri haid ini kapan ya ? Lalu alasannya kenapa harus dilakukan pada saat itu ? Tolong bantu jawab. Terima kasih

    BalasHapus